Mamma Kanin: MPASI, Katering dan Kukis Balita

mamma kanin  

Beberapa hari lalu, pulang hunting TK buat si little princess saya lewat kawasan Ruko Emerald Bintaro.  Ga sengaja nemu satu toko yang penampakan luarnya tampak kece, tampilan dalam ruko warna putih terang, interior dalamnya juga putih. Ada rak-rak bersusun bernuansa sama di dalamnya bersusun tingkat toples-toples berukuran mini warna warni. Ternyata di sini tempat jual makanan MPASI, Katering dan Kukis balita, Mamma Kanin mini store.

Beruntung saya langsung ketemu sama owner-nya Mbak Inta, seorang Ibu dari dua balita. Beliau cerita all about Mamma Kanin dari a-z. Kami pun berkenalan. Saya perkenalkan diri sebagai ibu yang tertarik sama makanan rumahan buat anak sekaligus ehem, blogger. Obrolan kami pun ngalir seputar makanan sehat untuk anak.

Begitu obrolan dimulai Mbak Inta langsung menyuguhi saya kukis keju anak Cheese Bliss. salah satu produk best seller-nya Mamma Kanin. Rasa kejunya gurih, renyah, lumer di mulut dan dibuat tanpa gula dan garam. Enak. Batin saya ini sih, emak-emak aja doyan apalagi anak, ya?!

Sambil si mameh ngemil kukis, Mbak Inta cerita awal mula bisnisnya.

Mbak Inta, Lituhayu, Mameh dan Sera

Sebelum Mbak inta menikah, kakak Mbak Inta menitipkan anaknya di rumah orangtua mereka.  Kebetulan saat itu selain bertugas jaga Mbak Inta juga sering masak untuk keponakannya. Masaknya macem-macem sampai tercetus ide dari sang mama, "Kenapa nggak sekalian jualan makanan bayi aja?"

Mbak Inta setuju dan bareng sang mama itulah Mama Kanin berdiri pada tahun 2010. Produk awalnya kukis anak non gula garam lalu jadi merambah masakan dan kini berkembang sampai katering MPASI balita, bumil dan busui.

Mamma Kanin dalam bahasa Swedia artinya Ibu Kelinci. Dulu Mbak Inta pernah sekolah di Swedia selain itu Mama dari Lituhayu dan Drupadi ini juga seorang penggemar kelinci. Ini nih logo-nya Mamma Kanin menggambarkan ibu kelinci sedang pegang sutil sedang mau masak kayanya. So cute...

Inspirasi resep-resep Mamma Kanin berasal dari resep rumahan secara turun temurun keluarga Mbak Inta.  Khas dan otentik. Dengan menggunakan bahan alami dan pilihan, juga tanpa gula garam bagi anak dibawah 1 tahun.  Selain itu prinsip makanan rumahan ini mengutamakan makanan sehat, bersih dan aman untuk balita.

Ngomong-ngomong resep rumahan, perasaan nostalgia itu saya rasakan pas ngemil cheese bliss.  Aroma dan rasanya mengingatkan masa kecil saya, mirip-mirip kue kastengel buatan almarhumah nenek. Jadi kangen sama Enin... Hiks..*al-fatihah* (Lah ini kok jadi bahas yang lain sih)

Kukis Balita ala Mamma Kanin Ukurannya sebesar genggaman tangan bayi dan balita jadi bisa dijadikan finger food.  Jenisnya banyak banget, saya coba beberapa seperti cheese bliss, chocolade, oh my oat, dan memang beneran enak. Soalnya saya pernah beli kukis buat balita tapi kok rasanya hambar.

Kemasan kukis ada beberapa ukuran yaitu small, medium dan large. Tiap kukis punya masa kadaluarsa yang berbeda-beda tercantum pada keterangan di kemasan. FYI, toplesnya BPA-free, jadi aman buat si kecil.

Kukis ukuran medium dan large

Ini dia penampakan tiga kukis-kukis Mamma Kanin.

Tiga toples kukis ukuran small
Kanintongen (lidah kucing)
Cheese Bliss
Chocolade

Katering Mamma Kanin Memiliki konsep makanan dewasa versi anak. Semua resepnya dibuat sama persis seperti untuk dewasa hanya saja tanpa gula dan garam. Ada juga resep yang pakai bahan organik seperti telur dan beras organik. Bagi anak yang mulai coba MPASI (Makanan Pendamping ASI) tinggal di hangatkan kembali dalam microwave.  Untuk anak diatas 1 tahun, pelanggan tinggal menambahkan gula dan garam sesuai selera.

Beli makanan MPASI bentuk frozen food tersedia juga di mini store Mamma Kanin misalnya ada Salmon Oglio Olio, Beef Bolognaise, dll.

Frozen Food Mamma Kanin

Kalau ada anak yang punya alergi terhadap bahan makanan tertentu (gluten, alergi telur, makanan laut, dll) Mamma Kanin juga bisa melayani pemesanan khusus. Seperti si little princess ini yang alerginya borongan.

Pemesanan Mamma Kanin Melayani pembelian secara online ke daerah seputar Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Bisa juga pelanggan pakai jasa Gojek untuk mengambil pesanan di Mamma Kanin lalu mengantarkan ke rumah.

Bedanya, kalau katering Mamma Kanin mengirim dengan gunakan box khusus makanan untuk jaga kesegaran makanan sedangkan bila melalui Gojek tidak pakai box.

Pemesanan lewat whatsapp Mamma Kanin, ada Mbak Anggi bertugas selain koki sekaligus yang jawab pesanan pelanggan.

Dapur Mamma Kanin Kalau beli makanan buat bayi di luaran sana, pasti kita penasaran seperti apa sih bentuk dapurnya? Bersih ngga ya? Higienis kah? Karena rasa kekhawatiran yang sama itulah, Mbak Inta memastikan bagian dapur harus bersih dan higienis.

Foto: Instagram @mammakanin

Harga     Untuk soal harga, menurut saya masih dalam kategori cukup terjangkau. Nggak mahal-mahal banget. Kebetulan saya belum punya pembanding katering anak di tempat lain.

Makanan MPASI Porsi Reguler Rp 30.000,00 per pcs (minimal pesanan 6 pcs Rp 25.000,00)

Porsi Mini (untuk si kecil yang makannya cuma dikit) Rp 20.000,00 per pcs (minimal pesan 6 pcs Rp 15.000,00)

Kukis Small (100gr) Rp 40.000,00 Medium (200gr) Rp 65.000,00 Large (450gr)Rp 100.000,00

Menu Ada apa aja menu di Mamma Kanin? Banyak. Tiap usia anak dibedakan sesuai tahapan perkembangannya.

Jual macam-macam puree untuk anak yang baru mulai MPASI.

Menu MPASI anak 6 bulan ke atas: Baked Macaroni and Cheese Salmon/Chicken Oglio Olio Broccoli Soup + Meatball with organic rice Swedish meatballs Rawon Soto ayam dan masih banyak lagi

MPASI Mamma Kanin siap kirim (foto: instagram @mammakanin)
Kukis Mamma Kanin: Cheese Bliss (Mamma Kanin's Signature Cookies) Woot Woot Arrowroot Oh My Oat Kanintongen Chocolade Kaastengels (buat anak yang sudah kenal asin)

Kalau mau lihat seluruh penampakan kue dan menu MPASI-nya, monggo Teman-teman mampir ke IG @mammakanin. Fun Cooking Si kecil suka ikut-ikutan masak di rumah? Pernah ngacak-ngacak dapur gitu? Nah di Mamma Kanin juga ada kelas memasak untuk orangtua dan anak namanya Fun Cooking.  Kenapa nggak diajak aja kesini, belajar masak bareng dengan instrukturnya Mbak Inta sendiri.

Kelas memasak ini adanya tiap hari Sabtu tempatnya di mini store Mamma Kanin, Ruko Emerald Bintaro. Anak didampingi oleh orangtua ikut terlibat proses memasak dari persiapan sampai akhir. Waktunya 45 menit. Biaya dan info kelas memasak bisa kontak Mbak Anggi. (Emang multitasking banget ya Mbak Anggi ini)

Nanti saya juga jadi kepengen ajak Sera ikutan kelas Fun Cooking deh. Biar ngga cuma bisanya bikin adonan kue play dough. Hehehe.

Foto: Instagram @mammakanin

Rekomendasi & Kesimpulan

  • Katering Mamma Kanin cocok buat ibu bekerja atau di rumah yang nggak sempat masak tapi ingin memastikan asupan balitanya cukup gizi dan sehat
  • Kukisnya menurut saya enak, cocok jadi pilihan camilan anak
  • Variasi menu makanan dan jenisnya banyak banget, nggak akan bosan dengan menu yang itu-itu aja.
  • Menu katering bukan hanya untuk balita, tapi Ibu hamil dan ibu menyusui juga bisa. Rencana saya kalau hamil lagi mau juga pesan kateringnya.
  • Kelebihan Mamma Kanin buat saya yaitu bisa buat pesanan khusus untuk anak alergi. Sera contohnya, nanti saya mau coba pesan, tanpa telur, keju, coklat, ayam, dan tanpa seafood (banyak amat ya alerginya...)

Selepas ngobrol, Mbak Inta membekali saya macam-macam kukis dan Beef Bolognaise buat oleh-oleh cemilan di rumah. Ini beneran lho dikasih bukan saya malakin owner-nya. Bhihihi. Makasih banyak ya, Mbak Inta...

Karena Sera anak alergi jadi ga boleh makan kukisnya banyak-banyak, nah saatnya kita berbagi. Kebetulan di rumah lagi ada Kakak Khaira (2 tahun) yang ikut nyemil kukis Mamma Kanin.

Pas saya tanya, "Kakak Khai enak nggak kuenya?" Dia nggak jawab, sibuk ngunyah. Mulutnya penuh ama kue, malah langsung habis tiga kukisnya. Laper apa laper, Kak? Hehehe.

Kakak Khaira doyan banget Kukis Chocolade

Buat Mommies yang ada di seputaran Tangsel-Bintaro-Jaksel mampir yuk ke mini store-nya Mamma Kanin.  Mau pesan katering MPASI, nostalgia sama kukis rumahan atau ajak si kecil ikutan Fun Cooking Classnya, langsung kontak aja whatsappnya Mamma Kanin.

 

Mamma Kanin

Whatsapp 08129007525 (Mbak Anggi)
Instagram @mammakanin
Ruko Emerald AA1-07
Sektor 9 Bintaro Tangerang Selatan
Samping Sekolah Auliya dan Club House Emerald Bintaro
 

18 thoughts on “Mamma Kanin: MPASI, Katering dan Kukis Balita

  1. Wah, asyik juga skrg ini punya balita ya, mba, ga harus repot2 lagi cari resep dan masakin sendiri makanan pendamping ASI. Mau ngerekom Mamma Kanin ke adikku ah!
    Btw, harga utk paket mpasi versi reguler kelebihan nol nya deh, jadinya 30.000.000 Mbak ^_^

  2. Waduuuh…
    Asyik banget nih, cocok buat ibu bekerja atau emak2 yang gak punya passion masak seperti dirikuh ini…bhahahaha…

    Memang kalo beli makanan untuk anak2 kita harus ekstra hati2 yah, tapi kalo udah di survey kayak gitu mah kan jadi tenang belinyaaa :))

    Ih, jadi pengen ngemil kukis jugaaaa!
    *korek2 lemari nyari kue sisa lebaran hehehe…*

    1. Yoi teh.. insyaAllah nggak khawatir lagi kalau udah intip dapurnya

      Bener, diriku juga minat masaknya kurang… malah kepengennya ambil praktisnya aja deh tinggal sulap langsung muncul di meja makan.. Hehehe..

      Bagi kukisnyaa dongg…^^

  3. waktu masih di jakarta dan pas punya batita, langganan beli kukisnya mamma kanin yang cheese bliss.. dan sudah bisa diduga siiiiiihhhhh, yang rajin ngabisin mah emaknya…. abis enak bingits.. 😛 lagian kan ada peribahasa happy mommy happy child :)))) jadiiii ya begitulah…

  4. Aloo mameh ginaa.. Senengnya anakku dipajang diblog mameh.. Hihihihi mau recommend juga cookies mamma kanin bneran enak dan alhamdulilah khaira sukaaa bgt.. Baca review mu jadi pengen nyoba frozen food nya.. Hihihihi next week berkunjung kesana yukk mamehh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *