[Toys] Pasir Kinetik iSAND

pasir kinetik isand

Kali ini saya mau bongkar mainan baru Sera yaitu iSAND, berupa pasir yang bisa dibentuk. Bedanya dengan pasir biasa, tekstur iSAND lebih padat dan agak lengket. Tapi kadar lengketnya tidak sampai menempel di tangan, kok. iSAND hadir dengan berbagai warna seperti krem (pasir biasa), hijau terang, biru muda, pink, dan oranye.

Keunggulan pasir iSAND diantaranya tidak akan berubah bentuk dan tidak akan kering. Jadi dipastikan bakal tahan lama. Sebetulnya ada dua jenis iSAND yang dijual yaitu iSAND dengan cetakan dan nampan. Satu lagi iSAND refill atau hanya pasirnya saja.

Sera beli yang refill/isi ulang karena saat itu di Toys Kingdom tidak tersedia versi dengan cetakannya. Lagipula di rumah ada beberapa cetakan yang bisa dipakai seperti cetakan Fun Doh atau Play Doh. Oh iya saya juga ingat di rumah ada cetakan agar-agar bentuk kura-kura dan pesawat yang tidak terpakai bisa Sera mainkan nanti.

Kemasan iSAND terbuat dari plastik alumunium dengan zipper diatasnya. Mengeluarkan dan memasukannya kembali cukup mudah dan praktis. Dalam bungkus belakang terdapat keterangan mainan ini diperuntukkan bagi anak diatas 3 tahun. Keterangan tambahan adalah, BERBAHAYA BILA TERSEDAK. So, sebaiknya jauhkan dari adik bayi yang berusia di bawah 3 tahun.

Warnanya cukup mencolok dan terang, sehingga menarik untuk dimainkan anak-anak. Pasir kinetik iSAND tidak berbau menyengat seperti wangi bunga atau harum buah. Menurut saya wanginya seperti karat pada besi. Dengan bau seperti itu saya kira tidak akan membuat anak tertarik untuk memakannya.

Sekarang, kita main pasir kinetik iSAND nya yuk. Pertama siapkan nampan dan cetakannya dari Play Doh dan Fun Doh. Keluarkan dulu iSAND dari bungkusnya ke dalam nampan, tidak perlu semuanya. Cukup yang kira-kira muat dalam nampan. Lalu bentuk dengan cetakan menjadi yang anak inginkan. Tarraa... Jadi deh. Mudah kan memainkannya?!

Dari jarak dekat, tekstur pasir iSAND sangat halus dan lembab membentuknya menggunakan tangan pun bisa.

Di bawah ini iSAND dicetak menggunakan cetakan agar-agar bentuk pesawat dan cetakan Play Doh seri cookies.

Mameh's Thought on iSAND

  • Mengajarkan permainan sensori indera peraba, motorik halus, dan melatih koordinasi mata-tangan.
  • Butuh pengawasan orang tua saat bermain memastikan agar pasirnya tidak tertelan.
  • Mudah memainkannya.
  • Dapat melatih daya imajinasi anak.
  • Harga relatif mahal jika dibandingkan pasir pantai dari ELC bisa dapat 5 kg dengan harga sama.
  • Bisa dimainkan sendiri atau bersama-sama.
  • Awet dan tahan lama (didiamkan semalaman, berhari-hari tidak mengalami perubahan bentuk).
  • Memainkannya cukup fun, Sera memainkan iSAND bersama barbie, pasirnya dibentuk jadi kue nya barbie.
  • Permainan alternatif? Pasir yang diberi air, adonan tepung maizena campur air buatan sendiri dan Play doh.

Satu kemasan refill iSAND beratnya 1000 mg atau 1 kg. Harga yang tertera dibandrol Rp 158.000,00 (Oktober 2015) di Toys Kingdom. Jika mau beli via online shop juga ada yaitu di Tokopedia dengan harga selisih lumayan lebih tinggi sekitar Rp.30.000,00.

Untuk harga iSAND beserta nampan dan cetakannya sekitar Rp. 180.000,00 bisa didapatkan di Toys Kingdom dan di beberapa toko buku Gramedia seperti pernah saya lihat di Gramedia Emerald Bintaro.

Gimana, tertarik mencobanya? Asyik juga lho memainkannya, selamat berkreasi dengan si kecil 🙂

One thought on “[Toys] Pasir Kinetik iSAND

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *