Bersenang-senang di Playparq Bintaro

senang-di-playparq-6

Kaki-kaki mungil berlarian diantara gemericik air, sebagian membenamkan tubuh mereka dalam kolam berukuran mini.   Deburan air segar jatuh dari ember berhamburan ke segala arah. Riuh tawa anak-anak bersenang-senang riang di Playparq Bintaro.

Siapa yang anaknya senang main air? Kayanya buibuk dan pakbapak pada ngacung nih. Kebanyakan anak suka ya, nggak cuma anak-anak saya aja. Sera bisa menghabiskan waktu berjam-jam mandi sambil main busa di kamar mandi, kalau adiknya Zilla malah nangis waktu diangkat dari bak mandinya. Nah kebetulan ada tempat main air sekalian playground di Bintaro. Coba main ke sana, ah...

Playparq yaitu arena playground (taman bermain) bagi anak-anak dengan konsep ruang terbuka. Di sini menawarkan berbagai fasilitas permainan yang membuat anak-anak aktif bergerak. Permainan itu diantaranya arena main air, playground, flying fox, mandi bola, dan masih banyak lagi.

Ada tiga cabang Playparq di seputar Jakarta yaitu di Epicentrum, Kemang dan Bintaro.  Karena lokasi paling dekat maka Mameh pilih hari Sabtu awal Oktober lalu main ke Playparq Bintaro. Ini pertama kalinya Sera main ke sana. 

Namanya juga perdana, masih nge-blank. Biar ada bayangan main di Playparq gimana Sera dan Mameh cari tahu dulu dari video-video di Youtube. Ketik kata di kotak search 'Playparq Bintaro' langsung muncul banyak video suasana di sana. Wiih, sepertinya asyik dan seru di Playparq. 

"Mau Mameh, kakak Sera ke Playparq!" teriak Sera habis lihat video di Youtube.

"Okeey, tapi kakak siapin barangnya sendiri ya.."

Cepat-cepat dia turun dari kursi, cari tas dan baju ganti.

"Sunscreen mana, Mameh..." katanya.

Hihi, si kakak semangat banget deh...

Lokasi

Hari Sabtu tiba, dari rumah kita berangkat jam setengah 10 pagi. Saat itu matahari sedang terik-teriknya. Sera sudah berpakaian renang pink Barbie supaya bisa langsung main air. Lokasi menuju Playparq dari rumah tidak jauh, lewat jalan biasa non tol waktu tempuh hanya sekitar 25 menit. Tempatnya juga relatif mudah ditemukan. Patokannya setelah Klenger Burger lurus terus, nah lokasi nggak jauh dari situ.

Tiket Masuk

Kita pun sampai di Playparq Bintaro. Sebelum masuk bayar tiket dulu untuk harga weekend Rp.100,000/anak plus gratis untuk satu orang pendamping. Kalau ada pendamping tambahan bayar lagi Rp.10,000/orang.

Harga weekday Rp. 60.000 nah kalau hari Selasa ada harga spesial yaitu Rp.30.000 per anak.

First Impression

Lumayan luas, ada area main air, area playground, area permainan seperti ayunan, flying fox, trampolin, dan juga area indoor. Di dalam area indoor ada playground, restoran, kursi-kursi dan sofa, pojok menyusui, juga toilet. Nggak jauh suasananya seperti tayangan di Youtube

Pertama kali yang dilihat yaitu arena air di sebelah kiri pintu masuk. Tujuan pertama kita ya main basah-basahan. Di sana sudah ada beberapa anak lari-lari diantara semburan air. Byarrr.. Byurr.. apalagi waktu lihat ada anak berdiri diatas air seember, begitu tumpah ruah. Nyesss... duh seger deh liatnya.

“Ayo mameh kita masuk” Sera lompat-lompat udah gak sabar ingin cepat gabung berbasah-basahan ria.

Oh iya, kalau pengunjung membawa stroller boleh dimasukkan ke dalam area Playparq. Langsung masuk saja ke dalam, cari area indoor. Letaknya di pojok kiri belakang lalu cari tempat duduk di sana. Banyak kursi-kursi atau sofa-sofa besar dan empuk, cukup nyaman duduk lama sambil menunggu anak selesai bermain.

Jangan khawatir kelaparan kita bisa langsung pesan cemilan dan makanan di restoran sana. Kentang goreng plus sosis, nasi goreng, minuman hangat, jus, dan makanan lainnya. Harganya menurut saya sih, agak mahal dengan rasa biasa-biasa saja. 

Fasilitas di Playparq

  • Mushola
  • Restoran
  • Wifi
  • Tempat Menyusui
  • Ruang ganti pakaian
  • Playground indoor
  • Playground (raksasa) outdoor
  • Arena main air

Saatnya Bersenang-senang di Playparq

Byuurr... Sera pilih main basah-basahan dulu di arena air. Berendam di kolam air, disemprot air mancur dari bawah, ciprat-ciprat air sama teman mainnya. Seru deh. Kalau dari video Youtube, arena air kelihatan luas, banyak air mancur, dan perosotan.

Pas lihat aslinya sih nggak begitu besar, cukup lah buat ukuran anak-anak. Lantainya pakai lapisan karet supaya tidak licin. Kalau siang hari, saat main air bisa terkena sengatan sinar matahari. Panasssss.... Walaupun ada jaring penutup biar teduh tapi kalah sama panasnya Bintaro. 

Setelah asyik ciprat-ciprat air sekitar setengah jam Sera minta ganti baju lalu main ke playground di Indoor. Untung saja dia ngajak masuk soalnya Mamehnya nggak kuat sama panas di luar takut gosong. He-he-he. Sementara itu Bebehnya dan si ade sudah nunggu di sana.

Sllruuppp... aah. seruput dulu secangkir coklat panas pesanan Bebeh. Lumayan enak rasanya. Oke lanjut...

 "Ayo kita main ke luar lagi Mameeh.." rengek Sera mau main Playground yang ukurannya nggak tanggung-tanggung, guede banget. Raksasa. Mantap banget bisa puas mainnya. Bentuknya mirip istana, banyak lika-liku, bertingkat-tingkat, aneka jenis perosotan, eh tapi sayang lagi-lagi alasan cuaca batal main karena kepanasan.

Akhirnya Sera milih main ayunan lalu trampolin, balik ke playground indoor lagi, terus dia bolak balik masuk ke dalam, ke luar lagi. Dekat sofa bawah ada main bandul gelantungan bisa berputar. Anak-anak tinggal naik ke atasnya lalu ayunkan sambil berputar. Sambil disuapin Sera betah main di situ.

5 jam berlalu...

Karena kasihan si ade kelamaan tidur di stroller dan kakaknya masih asyik main. Mameh bujuk Sera main terakhir kali, dia pilih flying fox. Puas main dia masuk ke playground indoor lagi. Setelah Sera kelihatan capek, baru kami pulang jam 4 sore.

Akhirnyaa capek juga... *fyuuuhh*

Mameh’s thought on Main di Playparq Bintaro

Playparq Bintaro seru untuk bermain di ruang terbuka bagi anak-anak. Di sini mereka melatih perkembangan motorik kasar seperti berlari, melompat, merangkak, memanjat, berayun dan berlari. Sisanya bermain bebas dan fun di playground yang besar megah dan menjulang, arena bermain air dengan pancuran dan kolam, juga aneka permainan kecil lainnya.

Usia anak yang bermain di sini kira-kira mulai dari usia 2 tahun bisa main air dan permainan kecil. Namun harus dengan pengawasan orang tua. Menurut saya usia paling dari usia 3 tahun atau sudah bisa dilepas main sendirian (tidak dipegangi). Anak akan merasa lebih bebas mengeksplorasi permainan yang disukai.

Di sisi lain saya punya beberapa catatan bagi para orangtua saat akan mengajak anak bersenang-senang di Playparq Bintaro.

  • Perhatikan waktu mulai bermain anak.

Cuaca dan hawa panas Bintaro siang hari lumayan terik. Ini bisa membuat anak yang rentan (seperti anak saya) gampang masuk angin. Sebaiknya mengajaknya bermain sore hari saat matahari sudah mulai adem dan tetap, perhatikan jam bermain batasi waktu jangan kelamaan.

  • Ruang menyusui sorry to say, kurang layak.

Semacam bilik tenda semi permanen, ukuran kurang lebih 1x1,5 m di dalamnya hanya ada satu kursi. Kalau saya sih tidak mau masuk ke sana, pengap. Bakal tidak nyaman buat bayi dan juga ibunya. Jadi buat para ibu menyusui sebaiknya bawa apron kalau mau ke sini.

  • Kondisi playground indoor, kotor dan tidak terawat.

Idealnya, area bermain anak harus steril dan sering dibersihkan karena area yang kotor sangat mudah mentransfer kuman. Di tulisannya ada anjuran area wajib memakai kaos kaki. Saya sih bawa tapi saat saya lihat yang lain tidak pakai, tidak ada petugas yang mengingatkan bahkan tidak ada petugas penjaga. Jika ada manajemen Playparq Bintaro yang membaca ini, harap dipertimbangkan memperbaiki kelayakan indoor playground yang lebih sehat untuk anak-anak.

  • Tidak boleh bawa makanan dan minuman dari luar.

Saya lihat beberapa orangtua setidaknya membawa bekal kotak nasi untuk anak mereka. Sementara sebagian lagi bawa botol minum sendiri. Mungkin mereka sudah tahu air mineral kemasan 300 ml harganya, 12 ribu rupiah saja *glek*.

Di kota besar pada umumnya cari tempat bermain terbuka bisa dibilang langka. Minimnya lahan menjadi sedikit pilihan bermain di luar. Makanya tempat main  favorit menghabiskan akhir minggu ke mall dan mall lagi.

Padahal bermain secara fisik, sangat penting untuk merangsang perkembangan fisik dan motorik anak. Selain itu bergerak dan bermain di luar bisa bantu meredakan stress pada anak. Setidaknya dalam seminggu sekali anak harus beraktivitas yang melibatkan tubuh mereka. Menggerakkan otot-otot supaya kuat dan berkembang sempurna.

Playparq Bintaro cocok dijadikan pilihan tempat main anak untuk bergerak, bereksplorasi, menghabiskan energinya dan pastinya bersenang-senang. Siapa mau coba?

PlayParq Bintaro

Jl. Bintaro Taman Barat Kav.10 Bintaro, 

Pesanggrahan Jakarta Selatan

Buka Setiap Hari Pukul 10.00 - 18.00

Kecuali Selasa 14.00 - 18.00

021 - 735633

www.playparq.com

senang-di-playparq-13
senang-di-playparq-14
senang-di-playparq-12 senang-di-playparq-8 senang-di-playparq-10
senang-di-playparq-5 senang-di-playparq-7 senang-di-playparq
  senang-di-playparq-3 senang-di-playparq-9 senang-di-playparq-11

12 thoughts on “Bersenang-senang di Playparq Bintaro

  1. Lah, tumbler dikemanain kok sampe nemu air mineral yang 12 ribuan? *glek lagi*
    Lah, bento unyu kemarin dikemanain kok sampe nemu french fries, sosis dan nasi goreng yang mahal dan rasanya biasa saja? *lagi2 glek* (protes mulu ih) 😛

    Udah deh, Ghi. Jalan2 sama anak2 memang lebih aman bawa bekal dari rumah. Repot dikit gpp asal kocek aman. Hahaha… Aku aja pengen bisa nyiapin bento buat Danisha kok. Bagi lah step by step nya.

    Eh, itu foto2 kece banget sih, Ghi. Pake kamera apaan??? *aduk2 isi tas mameh*

    1. Nah loo ada yang protes loo.. Kan seharian tuh, bawa bekel nggak cukup Mbak ngisi amunisi. Apalagi ibu menyusui begini *pembenaran* Hahaha..

      Kamera apa ya.. cuma kamera smartphone dan ‘sedikit’ editan Mbaak.. Nggak percaya niih *sodorin isi tas bayi*

    1. Mungkin bisa diagendakan Mbak, berenang bareng anak-anak lagi.. Seru-seruan bareng. Terimakasih kunjungannya ya Mbak..

    1. Salam kenal juga Mbak.. Asyik tempatnya buat anak-anak banyak macam permainan.. Iya sih Mbak kalau weekend berasa mahalnya tapi kalau Selasa ada promo jadi lebih hemat *yakali weekday mah susyah* hehe.. Makasih kunjungannya ya Mbak..

    1. Lumaayan gede sih Mi buat kejar-kejaran.. Seru.. Lain waktu pengen juga nyobain ke Playparq Kemang, tapi parkirnya susah ya? Wadooh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *