Dukung Semangat Sekolah Anak dengan Nutrisi Seimbang


Halo gimana cerita liburannya Teman-teman? Semoga seru-seru dan bikin happy sekeluarga ya. Liburan saya kemarin diisi kegiatan berfaedah, saya berkesempatan hadir di Media and Blogger Event with SGM Eksplor 3Plus pada hari Kamis tanggal 4 Juli lalu. Bertempat di Kaum Jakarta, di bilangan Menteng, acara ini punya tema menarik, "Dukung Semangat Sekolah si Kecil dengan Nutrisi Seimbang."

Buat saya yang masih misqueen ilmu pengasuhan, materi kali ini berikan banyak pencerahan. Pertanyaan saya selama ini tentang kekhawatiran nutrisi untuk tumbuh kembang anak bisa terjawab langsung oleh para ahlinya. Acara ini diprakarsai oleh PT. Sarihusada Generasi (Sarihusada), perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui. Buat Teman-teman yang penasaran, tetap di sini ya insyaAllah info yang disampaikan bergizi... 🙂

SGM Eksplor Semangat Sekolah
Suasana Panggung Event SGM Eksplor Nutrisi untuk Semangat Sekolah

Saya tiba di lokasi acara pukul setengah sembilan pagi. Niatnya mau nggak kena macet eh malah kepagian. Maklum, baru pertama kali keluar kandang menjelajah ke Jakarta naik KRL. Sebagai emak-emak rumahan saya anti ke luar tanpa bareng Bebeh dan anak-anak. Berkat bantuan si partner yang rela ditelepon terus-menerus, alhamdulillah berhasil sampai tujuan.

Bye bye emak rumahan...

Setelah sampai di acara saya mengisi daftar hadir dan menunggu di sana. Suasana di lokasi acara saya suka banget karena bangunan jadul alias vintage. Berasa kembali ke rumah nenek di masa kecil. Sambil menunggu acara dimulai saya berbincang dengan beberapa rekan media dan sesama blogger disambi cicip-cicip coffee break.

SGM Eksplor Semangat Sekolah
Suasana Resto Kaum Jakarta yang bergaya Vintage
SGM Eksplor Semangat Sekolah
Coffee break di Kaum Jakarta
Sempat selfie sebelum acara dimulai 🙂

Selama Acara Berlangsung

Tepat pada pukul 10.30 acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Immanuel Sembiring selaku Marketing Manager SGM. Beliau menyambut rekan-rekan media dan blogger yang telah bersedia hadir di event besar ini.

Kemudian hadir narasumber pertama yaitu ibu dr. Andyda Meliala beliau adalah pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Saat ini beliau tinggal di Filipina bersama keluarganya. Walaupun sedang tidak tinggal di tanah kelahirannya namun jiwanya untuk berbakti pada negeri sangat besar.

Pada kesempatan tersebut dr. Andyda menyatakan, "Ketika orangtua memutuskan untuk mengenalkan anak usia dini pada lingkungan sekolah, maka anak-anak akan menghadapi dunia baru." Menurut dokter sekaligus pendiri Resouceful Parenting Indonesia, PAUD merupakan fondasi belajar anak secara formal yang didesain sebagai institusi transisi yang mempersiapkan anak ke jenjang berikutnya.

SGM Event Semangat Sekolah bersama dr. Andyda
dr. Andyda Meliala menjelaskan pentingnya mendukung anak Semangat Sekolah

Masih menurut beliau, perlu orangtua ketahui bahwa di PAUD membangun tiga fondasi penting yaitu:

  • Pendidikan (learning to learn)
  • Kesehatan (membangun pola makan sehat seimbang)
  • Kesejahteraan

Selain itu tidak kalah pentingnya pada masa ini, fungsi eksekutif otak anak mulai dibentuk. Apakah itu fungsi eksekutif otak? Diantaranya pengendalian diri, ingatan untuk bekerja (working memory) dan fleksibilitas mental.

Menurut dr. Andyda, tiga hal di atas merupakan fungsi dasar yang membantu anak meraih high order thinking yaitu kemampuan memecahkan masalah, dan memiliki pemikiran yang baik (reasoning).

Pentingnya Persiapan Menjelang Anak Masuk Sekolah

Sebentar lagi, orangtua dan anak-anak akan menghadapi Hari Pertama Sekolah (HPS) segera setelah liburan berakhir. Penting diketahui bahwa masa ini merupakan saat-saat penting bagi orangtua dan juga anak.

Beberapa hal tentunya perlu dipersiapkan, bukan? Alat tulis, seragam, sepatu, dan lain sebagainya. Selain kebutuhan material tersebut yang paling utama orangtua harus mempersiapkan kondisi mental dan fisik anak-anak.

Tak lupa dr. Andyda mengimbau para orangtua tentang pentingnya masa PAUD, maka beliau berharap agar orangtua membangun semangat ke sekolah agar anak bisa membawa kebiasaan positif ini di kemudian hari.

Sebuah fakta menyedihkan yang didapat dari pengalaman dr. Andyda adalah tidak sedikit beliau menemukan anak-anak PAUD baik itu di kota ataupun daerah terpencil yang TIDAK FOKUS dan tampak LEMAS ketika berkegiatan karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan 🙁

Kemudian fakta tak kalah penting lainnya dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak Indonesia terdapat hasil mencengangkan. Berdasarkan penelitan oleh Neufingerl et al dalam British Journal of Nutrition menemukan 8 dari 10 anak Indonesia usia sekolah (4-12 tahun) kekurangan Omega-3 yang terdiri dari (EPA dan DHA).

SGM Eksplor Semangat Sekolah

Mungkin ada diantara kita yang belum tahu, dalam jangka panjang kekurangan Omega-3 dapat menghambat prestasi si kecil di sekolah. Sebab anak-anak yang tidak mendapatkan nutrisi yang baik sangat rentan terhambat perkembangan kognitif, motorik serta kemampuan sosioemosional mereka.

Untuk itu lagi-lagi dr. Andyda mengingatkan dengan nutrisi yang seimbang anak bisa terus semangat sekolah.

Sebagai penutup sesi pertama, dr.Andyda berpesan kepada orangtua untuk menjaga mental semangat sekolah anak karena merupakan kunci dari pembelajaran, dan pada jangka panjang akan membantu keberhasilan anak di masa depan.

baca juga: cari-cari sekolah anak di Bintaro

Apakah Nutrisi yang Seimbang itu?

Narasumber kedua merupakan dokter spesialis gizi klinis yaitu dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK. Beliau pun memaparkan, "Nutrisi seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima stimulasi dan pendidikan di sekolah."

Sebagai upaya menjaga semangat sekolah anak di Hari Pertama Sekolah, peran orangtua sangat penting untuk memastikan bahwa anak telah mendapatkan asupan nutrisi seimbang dalam pola makan sehari-hari.

SGM Eksplor Semangat Sekolah

Berdasarkan penjelasan di atas, nutrisi seimbang merupakan komponen makanan yang terdiri dari beragam jenis makanan yang mengandung berbagai zat gizi, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Kemudian dr. Nurul menyebutkan komponen nutrisi penting yang dibutuhkan anak usia dini antara lain:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Zat besi
  • Lemak (termasuk Omega 3 yang mengandung EPA dan DHA)

Dr. Nurul mengimbau para orangtua agar memperhatikan asupan Omega 3 (EPA+DHA) pada anak, karena berdasarkan fakta di atas terdapat 8 dari 10 anak usia sekolah di Indonesia kurang mengkonsumsi komponen nutrisi ini.

Sementara itu sumber-sumber makanan yang mengandung Omega 3 (EPA+DHA) diantaranya sarden, makarel, tuna, salmon pink, tiram, udang, kepiting, kuning telur, telur fortifikasi DHA, dan susu fortifikasi DHA.

~dr. Nurul

Tidak kalah penting juga agar anak tidak kekurangan cairan karena tubuh kita terdiri dari 80% cairan dan 20% makanan. Sementara itu anak usia 3-6 tahun membutuhkan setidaknya 1200 - 1500 ml cairan setiap hari. Bisa didapatkan dari air mineral, jus buah, dan susu.


Tips Ririn Dwi Ariyanti

Emak-emak pasti sudah banyak yang kenal, artis Ririn Dwi Ariyanti, yang menjadi bintang tamu di event ini. Adakah ibu-ibu di sini yang iri pada beliau, pasalnya ibu beranak empat yang masih tampak langsing bak masih gadis. Kalau saya sih, iya...

Di sela kesibukannya sebagai ibu bekerja, Ririn selalu menyempatkan sediakan hidangan bernutrisi untuk sarapan dan makan malam untuk anak-anaknya.

Sebagai contoh, Ririn membagikan menu sarapan favorit anak-anaknya yaitu roti isi atau sandwich. Roti yang diisi beragam isian seperti ayam, daging, sayuran. Menu ini menurut beliau simpel tapi bergizi.

Saya terkesima, artis yang kesibukannya segambreng saja masih sempat menyiapkan anak-anaknya sarapan bergizi supaya anaknya #SemangatSekolah. Apalah saya emak-emak biasa yang cuma mengandalkan nasi dan telor ceplok? 😛

SGM Eksplor Semangat Sekolah
Kiri ke kanan
Ditra Komala, dr. Andyda, dr. Nurul, Ririn Dwi Ariyanti dan Immanuel Sembiring

Dari SGM Untuk Generasi Indonesia Maju

Ditra Komala, selaku Brand Manager dari SGM Eksplor 3Plus dari PT. Sarihusada Generasi Mahardika mengajak meningkatkan kesadaran orangtua melalui kegiatan edukasi, diantaranya:

1. Berbagi tips di halaman www.generasimaju.co.id

SGM generasi maju

Untuk para Bunda yang ingin tahu tips-tips yang dapat membantu mempersiapkan anak menerima stimulasi di sekolah, atau tips lainnya bisa langsung klik www.generasimaju.co.id.

SGM Eksplor menyediakan banyak tips dan artikel yang lengkap agar ilmu pengasuhan dan pemberian nutrisi bagi anak.

2. Menyediakan kalkulator nutrisi di https://generasimaju.co.id/kalkukator-nutrisi

kalkulator nutrisi sgm

Nah, ini yang penting buat saya yaitu mengecek kadar nutrisi dalam makanan sehari-hari anak. Caranya cukup mudah, tinggal ikuti tahap demi tahap seperti isi lengkap data diri si kecil, lalu masukkan porsi makanan si kecil dan tunggu hasilnya keluar. Rasanya seperti sedang bermain game, lho..

Klik jenis makanan seperti nasi, lauk, sayur, dll

Setelah itu, kita tinggal masukkan jenis-jenis makanan ke dalam piring yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayur, lauk, dan buah.

Setelah selesai klik 'langkah berikutnya'


Hasilnya keluar berupa kandungan nutrisi makanan yang dipilih

Gimana, cukup seru kan.. Cobain yuk, Teman-teman cukup mengakses dengan klik di link iniwww.generasimaju.co.id/kalkukator-nutrisi

Tentang SGM Eksplor 3Plus

Ditra Komala mewakili SGM Eksplor 3Plus meyakini, "Apabila si kecil memiliki kesiapan mental dan diberikan nutrisi yang seimbang ia akan mampu berprestasi di sekolah."

Selain itu orangtua perlu mengetahui 5 tanda potensi anak generasi maju, agar dapat memantau perkembangan si buah hati. Tanda tersebut diantaranya:

  • Tumbuh tinggi dan kuat
  • Percaya diri
  • Inisiatif
  • Kreatif
  • Supel dan Mandiri
SGM Eksplor 3Plus
Tambahan nutrisi untuk anak #SemangatSekolah

Alhamdulillah, sampai juga di akhir postingan. Semoga berbagi ilmu di postingan kali ini bermanfaat. Buat saya sendiri jadi punya banyak inspirasi buat menyiapkan variasi makanan untuk si dua putri kecil.

Sama-sama kita dukung semangat sekolah anak dengan menyiapkan nutrisi seimbang, yuk! Agar generasi anak-anak Indonesia mendatang cerdas dan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *