[DIY] Potong Poni Anak

DIY Potong Rambut Anak banner  

Lagi asyik main barbie, dikit-dikit benerin poni.  Pakein sepatu barbie, benerin poni.  Barbie nya dibawa jalan, benerin lagi.  Poni panjang sampai nyolok mata emang ganggu banget deh. Kalau ke salon kelamaan, mungkin inilah saatnya potong poni anak sendiri alias Do It Yourself muahaha. Seperti apa ya poni Sera jadinya nanti?

Potong rambut ke salon Beruntung punya anak anteng bisa potong di salon biasa. Atau tukang cukur pinggir jalan pun jadi (ups, hari gini udah ngga ada kali yah?). Kalau saya sih, harus pilih yang ramah anak, suasana salon dan tukang potongnya.  Sera soalnya kalau ketemu orang baru biasanya langsung nangis berkoar-koar, ga mau ditanya, apalagi kalo orang tadi mau potong rambutnya. Hmpff disitu saya kadang elus-elus dada. Jadilah pilihan saya salon khusus anak seperti pernah ditulis ini Salon Anak di Bintaro.

Mesti rutin bolak balik salon pasti nguras dompet. Ya kan?! Sekali potong rambut bisa 60 ribu, potong poni nya aja 40 ribu. Itu seharga potong rambut wanita dewasa di salon umum. Tarif segitu masih lebih murah dibanding salon anak di mall-mall itu yang harganya diatas 100 ribu.

Potong rambut sendiri Berbekal rasa penasaran dan perasaan 'keliatannya mudah' pas merhatiin mbak di salon akhirnya mameh beranikan diri potong poni Sera. Lumayan kan, duitnya bisa buat beli susu UHT satu dus. Atau beli lipstik si mameh. He-he-he.

Step by step
1. Siapkan peralatan tempur
    Koran, alas supaya rambut ngga kena baju. Dilipat dua terus bagian tengahnya dilubangi seukuran diameter kepala anak.  Gunting rambut, yang biasa aja ga perlu terlalu mahal asal tajam.  Jepit rambut, untuk menjepit rambut bagian belakang.  Sisir (ada yang hafal sisir jenis ini?) untuk merapikan rambut sekaligus jadi 'penggaris' poni yang bakal dipotong.

2. Atur posisi duduk anak paling nyaman Pakaikan baju koran, itu juga kalau anaknya mau.  Ngga pakai pun ngga apa-apa, gimana enaknya aja.  Dudukkan si anak di kursi yang nyaman, ajak ngobrol hal yang dia sukai.  Kalau saya, ajak cerita tentang atraksi lumba-lumba kesenangan Sera.  Gimana reaksi dia pas ketemu lumba-lumba, singa laut, kuda nil, dan binatang lainnya. Jadi, tangan beraksi, mulut ngga kalah beraksi ngoceh sana sini supaya mood si anak tetap oke selama 'eksekusi.'

Pose dulu ah.

3. Potong poni Ini bagian paling menantang, perlu teknik tepat, butuh ketelitian dan juga kecepatan (ini ngomongin apa sih..) Pertama sisir poni ke arah depan, kumpulkan bagian yang akan dipotong.  Oh iya, rambut Sera ngga dibasahi dulu, saya biarkan kering biar lebih cepet.  Sebaiknya rambut dibasahi dulu supaya lebih rapi dan gampang dipotong.  Terus, jepit pakai jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri seperti di bawah ini sementara sisir dipegang tangan kanan. Sisakan bagian paling bawah, untuk dipotong.  Saya ngga mau terlalu pendek, hanya sebatas alis kira-kira 2 cm.  Potong/rapikan bagian tengah dulu dari arah kanan ke kiri mengikuti jari yang lurus, sebagai patokan.  Baru setelah itu dirapikan ke kiri dan kanan berdasarkan rambut di tengah tadi.

Kiri pegang rambut, kanan pegang kamera.  Sisirnya menggantung.  Rempong.
Poni setengah jadi, bagian kanan dan kiri belum sama rata.
Poni hampir jadi, bagian kiri dipotong sesuai ukuran poni tengah.

4. Poni baru Setelah mulut berbusa, cerita sana sini, deg-degan, ngomel-ngomel pas kepalanya Sera gerak kanan kiri akhirnya selesai juga. HOREEE...*tepuk tangan...*

Mohon maklum kalau potongnya masih amatir mencong sana sini. At least, pas mainan barbie bisa fokus ga keganggu lagi harus benerin poni.  *mameh senang*

Potong rambut anak beda-beda kesulitannya sesuai tingkat usia. Ini Saya ketiga kalinya potong rambut Sera, lebih mudah diatur dan lebih cepat ngga sampai 10 menit.  Dulu lebih menguras waktu, tenaga, keringat dan penuh emosi sampai Sera nangis-nangis segala. Hmm, kalau teman saya mamanya Keisha, lebih mudah potong rambut pas Keisha lagi bobo.  Ada yang mau berbagi cerita potong rambut juga? Ditunggu di kolom komentar ya. Terakhir nih ada yang mau lihat video potong poni simpel buat dicoba dirumah? Coba mampir ke how to cut kids bangs.

4 thoughts on “[DIY] Potong Poni Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.