Activity: Si Koki Kelinci Mamma Kanin

 koki kecil mamma kanin
Sekitar tiga minggu lalu, tepatnya hari Minggu tanggal 22 Agustus 2015 Sera ikut kegiatan Cooking Class di Mamma Kanin. Saya tertarik mengajak Sera awalnya setelah ngobrol-ngobrol cantik sama ownernya, Mbak Inta, di postingan ini Mamma Kanin: Makanan MPASI, Katering dan Kukis Balita. Menuntaskan kepenasaran itulah beberapa minggu kemudian saya hubungi WA Mamma Kanin dan daftar cooking class. Kebayang lucunya anak-anak memasak jadi koki kelinci Mamma Kanin.
Usia anak yang boleh ikut mulai dari 3 tahun dan wajib didampingi satu orang dewasa. Lokasi kegiatan bertempat di Mini Store Mamma Kanin kawasan Ruko Emerald Bintaro Jaya Tangsel. Kelas memasak Mamma Kanin diadakan setiap hari Sabtu pada pukul setengah dua siang selama 45 menit.
Pada waktu Sera ikut kelas memasak, saatnya jadwal makanan ala Jepang yaitu Sushi Beef dan Chicken Katsu. Minggu sebelumnya, Mamma Kanin mengadakan kelas memasak mendekorasi kue.
Tapi saya melakukan kesalahan. Saya pikir hari Sabtu yang kita datangi jadwalnya adalah saat dekorasi kue padahal kan, bukan. Mungkin di pikiran Sera udah kebayang asyiknya mempercantik kue soalnya di rumah dia sering bikin aneka kue dari mainan Play Doh. Haduuh, mukanya Sera langsung berubah judes begitu tahu memasak Sushi. Syukurlah kekecewaan dia nggak berlarut-larut, Sera masih mau terus ikutan dan nggak minta pulang. Fhyuuh.
 
By the way, ini pertama kali Sera ikut kegiatan memasak, jadi ekspresi mukanya tampak masih mengobservasi lingkungan baru. Yah, walaupun muka bete dia sebetulnya gara-gara salah saya sih kurang detil perhatikan jadwal masaknya *toyor pala sendiri*.
Kelas memasak diawali oleh Mbak Anggi (instruktur) dan kakak-kakak asisten menyapa para koki kelinci ramah. Lalu mereka ajak koki kelinci cuci tangan kemudian berdiri di belakang meja yang telah disediakan. Koki kelinci mengikuti petunjuk Mbak Anggi tahap demi tahap proses memasak.
Secara keseluruhan sih asyik kegiatan kelas memasaknya. Yuk, ikuti keseruan para koki kelinci ada foto-fotonya di bawah ini.
Tahap pertama, pemanasan dulu senam ringan sebelum mulai masak.
Bahan-bahan untuk resep pertama, Sushi Beef.
 
Sera masukkan nasi ke dalam cetakan sushi.
Duh, mukanya kok jutek gitu sih Ka?
Mameh ceritanya jadi asisten Sera
Bahan resep kedua, Chicken Katsu
Ini 'kembaran' Sera, soalnya pas kebetulan baju yang mereka pakai samaan, hehe. Ibu dan anak ini kelihatan kompak, ya?
Sera masukkan sendiri campuran untuk Chicken Katsu.
Menunggu giliran goreng si Chicken Katsu.
 
Ini dia bola-bola Chicken Katsu siap dimandikan dalam penggorengan.
Saat menggoreng bagian paling hati-hati dan setiap anak wajib didampingi orang dewasa.
Bola-bola panas siap dimakan, eh didinginkan dulu ya Ka.
 
This is it, Sushi Beef dan Chicken Katsu ala Sera.
Gimana Teman-teman, berniat membawa si kecil ikut acara Cooking Class? Saya temukan ada beberapa manfaat yang bisa didapat selama melakukan cooking class untuk anak-anak seperti di bawah ini.
  1. Aspek kognitif misalnya anak belajar mengenal jenis bahan makanan dan bumbu.
  2. Belajar sensoris (indera) dengan memegang langsung bahan makanan, merasakan, mencium aroma dan menyentuh teksturnya.
  3. Aspek motorik halus seperti anak belajar mengontrol gerakan koordinasi mata dan tangan seperti mengaduk, menuangkan, mencampur dan menggoreng.
  4. Kreatifitas dengan dibebaskannya anak berkreasi membentuk dan mencetak makanan yang dibuatnya.
  5. Pembangunan karakter misalnya anak belajar sabar menghadapi semua proses pembuatan makanan dari persiapan, pengolahan, sampai makanan siap dihidangkan.
  6. Mengasah dan menstimulasi minat-bakat anak di bidang kuliner.
Peserta koki kelinci Mamma Kanin tidak hanya didominasi oleh anak perempuan saja, anak laki-laki juga banyak yang ikut. Teman-teman bisa stalking dulu ke IG nya di @mammakanin untuk lihat kegiatan cooking class yang lainnya.
Caranya ikut cooking class Mamma Kanin yaitu dengan menghubungi nomor WA Mamma Kanin kemudian membayar biaya sebesar Rp.100.000. Setelah membayar biayanya maka anak akan dimasukkan ke dalam peserta cooking class. WA Mamma Kanin juga sering berikan informasi jadwal kelas memasak diadakan.
Lain kali kalau ada kegiatan seperti ini saya mau ikut lagi. Pengin coba resep dan cara masak yang lebih bervariasi. Oh iya, siapa tahu nih kalau memang ada bakatnya setelah si kecil ikut kelas memasak langsung jago masak dan bisa ikutan Master Chef Junior. He-he-he.

Mamma Kanin

Whatsapp 08129007525 (Mbak Anggi)
Instagram @mammakanin
Ruko Emerald AA1-07
Sektor 9 Bintaro Tangerang Selatan
Samping Sekolah Auliya dan Club House Emerald Bintaro
 

4 thoughts on “Activity: Si Koki Kelinci Mamma Kanin

  1. Hay mba Echa… akuh penggemar blog dirimu mba.. *salim*

    Deketan dong kita bisa nih meet up.. hihi..

    Ada hubungannya mba, sekolah ibu kelinci sama mamma kanin dan koki kelinci ownernya sama, Mbak Inta^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.