Ngabuburit di Bandung Zoological Garden (Bazoga)

Hai, assalamualaikum Teman-teman gimana liburannya? Ada yang liburan ke kebun binatang nggak nih? Pas deh.. saya ada oleh-oleh cerita mudik di Bandung puasa lalu kita ngabuburit di Bandung Zoological Garden (Bazoga). Dulunya dikenal dengan sebutan Kebun Binatang Bandung (KBB). Buat wargi Bandung anak 90-an, main ke Kebun Binatang Bandung alias 'Bonbin' salah satu tujuan wisata terrr-favorit karena murah meriah. He-he-he.

Sedikit flashback, terakhir saya ke Kebun Binatang Bandung sekitar tahun 6 atau 7 tahun yang lalu sekitar 2014. Waktu itu kondisi di KBB memprihatinkan. Banyak binatang kurus tak terurus, kandang kotor, bau kotoran sepanjang jalan, udara yang lembab, sampah dan yah pokoknya bikin nggak nyaman.

Eh, beberapa tahun berselang, ada kabar menyedihkan yang sempat ramai di berita tentang seekor gajah mati di Kebun Binatang Bandung. Penyebabnya karena sakit, tapi kalau kita melihat kondisi di sana nggak bakal heran. Keadaan KBB yang parah saat itu sangat mungkin ada binatang yang mati mengenaskan 🙁

Mungkin sejak kejadian itu, manajemen KBB mulai berbenah diri memperbaiki kesalahan mereka. Salah satu upaya pengembalian kepercayaan masyarakat yaitu bekerjasama dengan Manajemen Taman Safari. Wah, akhirnya besar harapan pengelolaan KBB bisa semakin baik dan senyaman Taman Safari.

Bandung Zoological Garden

Tarra... akhirnya setelah beberapa tahun menunggu saya bisa jalan-jalan ke sini lagi. *jingkrak2* Eh ternyata banyak perubahan pada KBB dari mulai mengubah pintu masuk, renovasi kandang, dekorasi, sampai bertransformasi menjadi nama baru yaitu Bazoga (Bandung Zoological Garden).

Fasad baru, lebih fresh dan pastinya instagrammable

Kebun Binatang rasa Taman Safari

Ihiy, asli norak banget deh bisa bawa anak-anak kesampaian jalan ke Bonbin wajah baru. Apa yang beda ya? Ya beda lah, selain masih dalam masa pandemi Covid-19 juga waktu itu sedang suasana puasa Ramadhan.

Di Hari Rabu tanggal 27 April 2022, sore bada Ashar kami jalan ke Bazoga. Main plus ngabuburit kali ini anak-anak pergi bareng sepupu, ummi juga om dan tante jadinya makin rame.

Masuk ke Bazoga, dikenai tiket harga 50.000 per orang. Yah, lumayan jauuh dibanding 6 tahun lalu yang masih 10.000 an. Naiknya harga ini moga sebanding dengan pelayanannya. Oke, mari kita lihat apa aja fasilitasnya di dalam.

Tempat tiket yang jauh lebih rapi dibanding dulu

Memang benar beda vibes nya sekarang KBB alias Bazoga terasa di awal masuk, kita dilayani oleh petugas berseragam di loket dan satpam pun sigap membantu mengarahkan ke jalan masuk. Pelayanan di awal kesan oke lah. Di luar gerbang ada juga yang jual foto-foto keliling, so siap-siap senyum ya pas masuk.

Begitu masuk ke dalam, langsung jalan turunan membelok gitu. Saya bawa stroller buat Mahdi bisa seluncur mulus sampai ke area bawah dan jalan utama. Tapi, pas jalan ke area kandang binatang ada acara gotong stroller karena naik turun tangga. Yah ternyata gak semua area bisa pakai stroller 🙁

Pertama-tama kita kunjungi kandang Singa yang dari jauh udah eye-catching. Dekorasi di area kandang Singa bagus, dibuat ala-ala Afrika.

Ditambah lagi ada restoran yang menghadap ke kandang Singa. Bisa makan sambil mandangi keluarga ayah, ibu dan bayi singa yang gemesin. Sayangnya waktu ke sana pas lagi puasa. Next time, insyaAllah pengen coba ah..

Hey, singa nya lagi gak mau di foto
Restoran di depan Kandang Singa

Lalu kita jalan-jalan lagi keliling dari kandang satu ke kandang yang lain. Ada lagi nih kandang Jerapah yang desainnya juga keren. Betah liatnya, karena dibuat seperti di Afrika. Kalau nggak salah, saya lihat ada kemiripan sama dekorasi kandang di JatimPark 2, Secret Zoo - Malang.

Kandang Jerapah yang estetik

Kita lanjut jalan-jalan ngabuburitnya ke kandang lain. Binatang apa lagi ya.. Ada tapir, burung unta, rusa, burung-burungan lainnya juga. Kalau di kandang rusa kita bisa kasih makanan rumput yang ada di kandangnya. Tinggal ambil, terus suapin deh ke rusa-rusa.

Suasana Bazoga hampir sama dengan dulu, mirip di hutan belantara. Pohon-pohonnya itu loh, super besar kayanya sudah ratusan tahun. Di beberapa spot malah terasa hawanya agak spooky gimanaa gitu. Ya iya lah, usia kebun binatangnya udah lama, ada mungkin hmm.. seratus tahun?!

Lalu ada spot instagrammable lagi nih, di dekat kandang Jaguar. Seperti ada tangga naik, mirip jembatan gantung. Bawahnya ada area luas cocok buat anak lari-lari.

Pemandangan Favorit, dekat kandang Jaguar
Bangku nya lucu-lucu digambarin motif hewan begini ya

Nostalgia di Bonbin

Perasaan si mameh sejujurnya udah nggak se-excited di awal masuk. Soalnya makin ke pinggir kiri dan kanan area Bazoga ya makin biasa aja gitu. Seperti suasana dulu sebelum renovasi. Contohnya kandang tadi lho, ada yang udah kelihatan tua, banyak lumut dan daun berserakan. Bau juga. Malah, ada juga kandang yang kayanya udah mau bobrok. Duh.

Padahal harga udah dinaikin, saya harap semuanya udah baru lagi. Atau mungkin butuh dana besar yang angkanya juga gak sedikit buat bikin semuanya baru. Sepertinya sih iya. (Mameh ngomong aja, nyumbang mah kagak bisa 😛 )

Iseng-iseng selancar dari laman Pikiran Rakyat, status kepemilikan terbaru Bazoga kembali ke keluarga pendiri yaitu alm. Ema. Malah tanah yang dipakai lahan Bazoga dalam keadaan diperkarakan di pengadilan. Berita tadi itu bisa dibaca di sini.

Oalah, ternyata pas kesana sudah nggak kerjasama lagi dengan manajemen Taman Safari, makanya agak beda. Berubah cuma setengah-setengah. Heuheu.

Walaupun begitu, kangen masa kecil mameh bisa terobati lah ya... Sekaligus nunjukkin ke anak-anak kebun binatang di Bandung kaya gimana. Mereka sih fun-fun aja, alhamdulillah.

Saya juga happy waktu nemu tempat nonton pertunjukkan gajah di area yang di dekor ala India yang waktu kecil jadi tempat favorit. Berkesan banget dulu pertama kali lihat gajah beneran waktu TK di tempat ini. Ada gajah di dalam sana. Hiks, sekarang udah nggak difungsikan lagi tapi juga nggak dihancurkan.

Mameh kecil nonton pertunjukkan gajah di situ

Dari keseluruhan Bazoga mameh mau kasih nilai 7/10 deh. Rincian review nya ada di bawah ini ya..

Setelah 2 jam jalan-jalan ngabuburit di Bazoga, akhirnya kita pulang ke rumah Ummi. Buka puasa di sana karena sekalian kumpul bocah. Sebelum pulang foto-foto dulu dong di spot wajib sama nebus foto di tukang foto keliling.

Mameh sudahi dulu cerita kali ini, sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.. 😉

Wassalamualaikum

Halo, kita di Bazoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.