Tanaman dalam Pot: The Jungle Animal Grass Grow Kit

tanaman-pot

Hai.. Halo.. Hola.. Kali ini Mameh mau posting mainan yang bisa dibilang unik dan menantang. Hehe. Kenapa dibilang unik, soalnya ada hubungan dengan alam atau tetumbuhan. Jarang-jarang bahkan nggak kepikiran si Mameh beli mainan model begini.  Yuk langsung kita bongkar mainan berjudul: Tanaman dalam Pot: The Jungle Animal Grass Grow Kit.

Mainan ini cerita dapatnya waktu libur Agustusan bulan lalu, Bebeh sama Kakak Sera jalan-jalan berdua ke Ace Hardware. Niat awal mereka mau main-main di playground gratisan sambil beli printilan keperluan rumah. Terus Bebeh entah dapat ilham dari mana tiba-tiba pengin beli mainan ini buat Sera.

Soalnya hampir tiap minggu Sera dikasih mainan baru kalau melakukan hal-hal baik. Misalnya mau sabar, beres-beres mainan, atau bantu Mamehnya baru boleh dikasih sesuatu. Kalau sudah dikasih mainan langsung semangat anaknya.

Begitu saya lihat bentuk mainannya, terpikir, "Waah asik nih bisa sekalian jadi bahan Kakak Sera belajar proses tumbuhnya tanaman."

Here it is.

Namanya The Jungle Animal Grass Grow Kit, berupa seperangkat alat tanam-tanaman di pot bergambar hewan-hewan lucu. Ada beberapa gambar yang bisa dipilih seperti burung hantu, ular, beruang, atau pinguin. Sera pilih yang gambarnya ular warna hijau. Kenapa dia pilih yang itu ya? Mungkin karena Mamehnya suka warna itu kali ya (PD banget si Mameh). Hehehe.

Bahan potnya sendiri terbuat dari keramik berbentuk membulat dengan lubang di atasnya. Ukuran lubang berdiameter kira-kira 4 cm. Imut banget nih. Pas digenggam seukuran tangan orang dewasa. Ukuran real-nya mirip bola tenis.

Saya pikir asal The Jungle Animal Grow Kit dari China soalnya sekarang kan segala macam dari negeri gingseng sana eh ternyata saya salah. Surprisingly, asalnya dari Selandia Baru.

Terus di dalam dusnya ada tulisan ‘Guaranteed to Grow’ alias dijamin bakal tumbuh. Nah, ini bagian paling saya suka soalnya ada jaminan tumbuh. Berhubung saya kurang jago dalam merawat tanaman ya agak takut kalau nggak tumbuh. Bisa-bisa Sera nyalahin saya deh. "Gara-gara Mameh siih, tanamannya mati.."

Berdasarkan pengalaman dulu ikan cupangnya Sera pernah mati gara-gara Mameh kebanyakan kasih makan. So, moga kali ini nggak gitu lagi. Semogaa.

Isi dalam The Jungle Animal Grass Grow Kit yaitu:

  • Pot gambar hewan
  • Media tanam berupa serbuk halus (pengganti tanah)
  • Sekantong bibit tanaman rumput
  • Kertas petunjuk penggunaan

Who

Mainan ini ditujukan untuk anak 4 tahun ke atas. Di bungkus tertera bukan untuk anak 0-3 tahun. Kebayang bahaya kalau misalnya media tanam tertelan anak-anak atau bentuk media tanam serbuk bisa terhirup anak. So sangat butuh bantuan orang dewasa untuk memainkannya.

How to play

Saatnya menanam.

Sera excited banget waktu bongkar isinya si Ular ini. Dia bolak balik bawa air buat campuran media, aduk media sama air, bongkar-bongkar isinya. "Hayu Mameh kita tanam ini.."

The Jungle Animal Grass Grow Kit terbilang mudah kok menanamnya, kita hanya perlu sediakan air untuk dicampur pada media tanam. Tunggu beberapa saat dan masukkan ke dalam pot setengah bagian, terus masukkan bibitnya lalu tutup dengan media tanam sisanya.

Jadi deh.

Setelah semua masuk dalam pot, tinggal jemur di tempat yang terkena sinar matahari dan tunggu selama 7 hari. Kalau mulai kering, kita bisa menyiramnya sedikit demi sedikit, jangan sampai terlalu basah soalnya bibit akan busuk.

Bagian paling seru (katanya di buku petunjuk sih) waktu tanamannya sudah tumbuh memanjang, kita bisa memotong atau memberinya pita menatanya seakan-akan itu rambut. What a fun! 

Setelah 7 hari berlalu..

Si Ular rambutnya sudah tumbuh! Seperti tertulis di bungkusnya, dijamin tumbuh memang betulan tumbuh ternyata. Saya sengaja memasukkan bibit tanaman nggak semuanya karena bibit bisa ditanam di tanah biasa juga. Alhasil penampakan rambut si ular jarang-jarang gitu. Nggak lebat.

Anyway, mainan The Jungle Animal Grass Grow Kit fun buat dimainkan bareng anak.

Manfaat mainan ini:

  • Melatih ketelatenan
  • Kesabaran
  • Mengajarkan proses alami tumbuhnya tanaman
  • Ada unsur fun dan kreativitas saat berkreasi dengan rambut (rumput) si hewan

Setelah tumbuh, si ular jadi pajangan aja di rumah. Sera nggak sempat potong karena lucu juga dibuat jabrik begini.

Di Indonesia sendiri mainan jenis ini sudah pernah ada dan banyak yang sudah pernah coba. Buatan dalam negeri lho, namanya Horta. Dulu saya juga pernah beli mainan Horta. Sayangnya setelah beberapa minggu jadi berjamur dan ngga tumbuh lagi.

Merasa nggak telaten, jadi cukup sekali saja belinya deh. Mending cari mainan lain aja, hehehe.

tanaman-pot-1

tanaman-pot-2

tanaman-pot-3

tanaman-pot-4
Setelah 7 hari

Processed with VSCOcam

4 thoughts on “Tanaman dalam Pot: The Jungle Animal Grass Grow Kit

Leave a Reply

Your email address will not be published.